9 September 2017

    PERUBAHAN/PENONAKTIFAN/PENGGABUNGAN DATA SUPPLIER

    DASAR HUKUM

    Peraturan Dirjen Perbendaharaan No. PER-58/PB/2013 tentang Pengelolaan Data Supplier dan Data Kontrak dalam SPAN

    Data supplier adalah informasi terkait dengan pihak yang berhak menerima pembayaran atas beban SPBN yang memuat paling kurang informasi pokok, informasi lokasi, dan informasi rekening. Data Supplier yang telah dicatat di SPAN dapat dilakukan:

    1. Perubahan data supplier

    Proses perubahan data supplier dilakukan melalui:

    • mekanisme pendaftaran data supplier dengan elemen data yang benar dari Satker ke KPPN, dilakukan dengan cara Satker menyampaikan ADK Kontrak atau ADK SPM;
    • mekanisme perubahan data supplier oleh user khusus pada KPPN, dilakukan berdasarkan Surat Permintaan perubahan data supplier dari Satker. Setelah data supplier berhasil dilakukan perubahan, KPPN menyampaikan laporan perubahan data supplier ke Satker.

       2. Penonaktifan data supplier

    Proses penonaktifan data supplier dilakukan berdasarkan surat permintaan penonaktifan data supplier oleh Satker. Permintaan penonaktifan supplier dapat berupa tipe 3 (pegawai) maupun selain tipe 3 (pegawai). Permintaan penonaktifan data supplier tipe 3 (pegawai) disampaikan dalam hal terdapat informasi rekening pegawai yang tidak lagi digunakan untuk pembayaran.
    Setelah data supplier berhasil dinonaaktifkan, KPPN menyampaikan laporan informasi supplier ke Satker

       3. Penggabungan (merge)

    Merge data supplier dilakukan dalam hal terjadi kemungkinan duplikasi pencatatan informasi pokok supplier (memuat nama supplier, nomor supplier, NPWP, dan Kode Satker) yang telah dilakukan pembayaran, dilakukan melalui unit khusus yang mengelola data supplier. Proses penggabungan tersebut dilakukan berdasarkan Surat permintaan penggabungan data supplier dari satker yang disampaikan melalui KPPN, yang kemudian diteruskan ke Unit Khusus yang mengelola data Supplier.
    Setelah data supplier berhasil dilakukan penggabungan, unit khusus menyampaikan laporan penggabungan ke Satker melalui KPPN.

     

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Tinggalkan Balasan