23 Oktober 2017

    KPPN Palangka Raya “Go Green”

    KPPN Palangka Raya melaksanakan kegiatan Tanam Pohom salah satu implementasi kegiatan Perbendaharaan Go Green

    Palangka Raya,21 April 2017 .Pada Tahun 2017, dicanangkan gerakan perbendaharaan Go Green sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor SE- 18/PB/2017 tentang Program Perbendaharaan Go Green di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

    Pencanangan gerakan Perbendaharaan Go Green ini secara simbolis ditandai dengan penyerahan pohon tanjung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk ditanam di Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jawa Barat, Bandung, berdekatan dengan Museum Perbendaharaan. Program semacam ini menunjukkan bahwa Ditjen Perbendaharaan tidak hanya berorientasi pada pencapaian target-target kerja yang diemban, tetapi juga menunjukkan perhatian kepada aspek penunjang kualitas kinerja aparatur, serta mewujudkan upaya nyata untuk penghematan demi meningkatkan efisiensi belanja pemerintah danpelestarian lingkungan dan dalam rangka mendukung sustainable development goals, dengan menerapkan pelayanan kantor yang ramah lingkungan, dan sebagai bentuk implementasi Perbendaharaan Go Green.

    Dengan ini para pegawai KPPN Palangka Raya pada Hari Jum’at tanggal 21 April 2017 yang lalu mengadakan kegiatan penanaman pohon yang diadakan di halaman KPPN Palangka Raya dan Rumah dinas Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov Kalteng di Jalan Dahlia kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut di pimpin oleh Kepala KPPN Palangka Raya (Bpk Sutyawan), dan diikuti seluruh pegawai KPPN Palangka Raya.

    Implementasi Perbendaharaan Go Green ini antara lain adalah melalui penghematan penggunaan listrik, air dan ATK, manajemen sampah yang baik, penciptaan lingkungan kantor yang nyaman dan ramah lingkungan.

    “Small Things Matter”. Bayangkan jika titik lampu di satu ruangan dikurangi, berapa banyak listrik yang bisa dihemat kalau seluruh kantor melakukannya. Tidak akan ada sia-sia. Dengan gerakan penghematan dan penanaman pohon yang kita lakukan ini artinya kita menabung untuk anak cucuk kita, termasuk bisa mengurangi polusi.

    Pohon yang ditaman pada kegiatan ini yaitu pohon dari jenis yang menghasilkan buah-buahan.

    KPPN Palangka Raya telah dan akan terus melaksanakan konsep kantor hijau yang ramah lingkungan sebagai perwujudan upaya efisiensi belanja negara dan pelestarian alam. Penghijauan halaman kantor dan rumah dinas, manajemen sampah yang baik, penghematan penggunaan kertas dan listrik adalah contoh nyata penerapan konsep kantor hijau pada KPPN Palangka Raya. Penerapan tersebut sejalan dengan program Perbendaharaan Go Green dari Kantor Pusat DJPBN. Konsep kantor hijau ini diharapkan diikuti oleh para pemangku kepentingan KPPN Palangka Raya utamanya unit satuan kerja kantor vertikal Kementerian/Lembaga. Program Perbendaharaan Go Green ini juga diharapkan untuk menunjukkan eksistensi KPPN Palangka Raya sebagai kantor unit vertikal yang mempelopori usaha penghematan anggaran dan pelestarian lingkungan di pemerintahan, baik pusat maupun daerah, di wilayah kerja KPPN Palangka Raya.

     

    Subscribe

    Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

    No Responses

    Tinggalkan Balasan