KPPN Palangka Raya Mengadakan Sosialisasi dan Koordinasi dengan BANK/POS Mitra Kerja
Rabu, 1 Desember 2010 | Oleh: admin | 689 x dibaca

Dalam rangka persiapan dan antisipasi implementasi Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor: PER-44/PB/2010 Tentang Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun Anggaran 2010, KPPN Palangka Raya melakukan kegiatan sosialisasi dan koordinasi dengan Bank/Pos Mitra kerjanya yaitu KBI, Bank Operasional, dan Bank/POS Persepsi. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu Sosialisasi kepada Satuan Kerja (stakeholders) KPPN Palangka Raya pada tanggal 9 dan 21 Nopember 2010 lalu. Acara Sosialisasi dan koordinasi tersebut diselenggarakan pada hari Kamis, 25 Nopember 2010 bertempat diruangan Rapat KPPN Palangka Raya, dibuka oleh Kepala KPPN, Muhammat Natsir, dan bertindak sebagai Narasumber adalah Kepala Seksi Bank Giro/Pos, Teguh SUbarkah.


Dalam pembukaannya, Kepala KPPN menyampaikan pesan agar dalam melaksanakan tugas-tugas di akhir Tahun Anggaran 2010 ini Bank/Pos mitra kerja lebih meningkatkan ketelitian, dan koordinasi dengan KPPN, sehingga dapat dihindari adanya kesalahan dalam pelaksanaannya. Pada sosialisasi tersebut diberitahukan bahwa akhir Tahun Anggaran 2010 adalah 7 hari kerja dimulai pada tanggal 22 s.d. 31 Desember 2010, dan pada periode waktu tersebut semua loket penerimaan setoran pada Bank Persepsi/Bank Devisa Persepsi/ Pos Persepsi mitra kerja KPPN Palangka Raya dibuka penuh sampai dengan pukul 15.00 WIB, sedangkan khusus untuk penerimaan PBB/BPHTB mulai tanggal 22 s.d. 30 Desember 2010 dibuka sampai dengan pukul 15.00 WIB, dan pada tanggal 31 Desember sampai dengan pukul 14.00 WIB. Pada periode tanggal 21 s.d.31 Desember 2010 tersebut setiap akhir hari kerja seluruh saldo penerimaan negara pada Bank/Pos Persepsi  harus dilimpahkan dan seluruh saldo penerimaan PBB/BPHTB pada Bank Persepsi PBB/BPHTB harus dilimpahkan ke BO III yang selanjutnya harus dibagi habis ke rekening SUBRKUN KPPN, maupun ke Rekening Pemda Provinsi, Kabupaten/Kota sesuai ketentuan yang berlaku.


Hal penting lainnya yang disampaikan pada kesempatan tersebut dan harus menjadi perhatian adalah terkait dengan pelaksanaan pengembalian (retur) SP2D serta prosedur penyelesaiannya. Pelaksanaan pengembalian (retur) SP2D dapat dilaksanakan terhadap surat pemberitahuan pengembalian SP2D yang diterima oleh KPPN dari BO I/KBI/Kantor Pos mulai tanggal 22 Desember 2010 s.d. 28 Pebruari 2011. Dalam hal Kuasa Pengguna Anggaran tidak menyampai- kan ralat paling lambat s.d. tanggal  28 Pebruari, maka KPPN pada hari kerja berikutnya menerbitkan surat permintaan penyetoran dana SP2D kepada  BO I/KBI/Kantor Pos untuk menyetorkan kembali dana SP2D dari rekening retur KPPN (rr) ke rekening KUN melalui Bank/Pos Persepsi.


Pada akhir sosialisasi, kepada seluruh Bank/Pos Persepsi mitra kerja KPPN Palangka Raya dihimbau agar menyampaikan Laporan Hasil Penerimaan (LHP) setiap akhir hari kerja secara tepat waktu, dan terlebih dahulu mengirimkan ADK-nya melalui e-mail, sehingga diharapkan dapat mempercepat penyelesaian dan pengiriman Laporan Kas Posisi KPPN Palangka Raya.
(teguh s)

Artikel Liputan Kegiatan Lainnya

Pertandingan Sepakbola tim gabungan KPPN Palangkaraya dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalteng
Pelatihan Service Excellent